Senin, 05 Januari 2015

WISATA PULAU UNTUNG JAWA

paket pulau untung jawa, pulau untung jawa, wisata pulau untung jawa, travel untung jawa, egen pulau untung jawa
Wisata Pulau Untung Jawa danial sekarang membahas tentang hutan bakau atau di sebut juga hutan mangrove. Hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh diatas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan di pengaruhi oleh pasang surut air laut.

Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat dimana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gemparan ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang di bawanya dari hulu, hutan mangrove ini sangat penting untuk di daerah tepi pantai, contohnya Pulau Untung Jawa sangat membutuhkan hutan mangrove, karna letak wilayanya yang dikelilingi air laut, Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah, salintas tanahnya yang tinggi,serta mengalami daur pengenangan oleh pasang-surut . Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup ditempat semacam ini , dan jenis-jenis kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.
   
Fungsi dan manfaat , salah satu fungsi utama hutan bakau atau mangrove adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk tsunami. Dijepang,salah satu upaya mengurangi dampak ancaman tsunami adalah dengan memasang "GREEN BELT" atau sabuk hijau hutan mangrove telah memberikan manfaat lain, selain kayu,atau yang biasa disebut dengan Hasil Hutan Bakau Kayu (HHBK) mangrove,yakni ; sebagai bahan pangan dan minuman,serta untuk bahan pewarna dan kosmetik.

Hingga saat ini, BPHM Wilayah 1 telah mengembangkan beberapa jenis tumbuhan pada hutan mangrove untuk dapat dimanpaatkan  sebagai berikut ;
1. Bahan pangan pengganti beras maupun untuk tepung kue dari buah Lindur (Bruguiera       gymnorrhiza).
2. Bahan minuman sirup, dodol, selain dan puding dari buah Pidada (Sonneratia caseolaris).
3. Bahan pembuatan sabun dari buah Pidada (Sonneratia caseolaris).
4. Bahan tepung kue dari buah Api-api (Avicennia sp).
5. Bahan kosmetik (lulur dingin) dari buah Nyirih (xylocarpus granatum).
6. Bahan baku alkohol, cuka dan gula merah dari buah Nipah (Nypa fruticans).
7. Bahan pewarna pakaian dari kulit kayu Bakau (Rhizophora mucronata), Lindur (Bruguera gyimnorrhiza) dan Mentigi (Ceriops tagal).
 
Balai pengelola hutan mangrove wilayah 1(BPHM Wilayah 1) pun telah aktip melakukan pelatihan berbagai provinsi diwilayah kerjanya (19 provinsi di Indonesia-diluar pulau Kalimantan dan Sumatra) tentang manpaat hasil hutan bukan kayu (HHBK) Mangrove sebagai bahan pangan, minuman, sabun dan pewarna. Hubungi kami yang ingin berwisata ke Pulau Untung Jawa di 085697586738 pin 7D859724. Untuk melihat harga paket pulau untung jawa klik disini kami akan memberikan harga yang sangat terjangkau buat andah.

Wisata pulau untung jawa pulau untung jawa paket pulau untung jawa agen pulau untung jawa travel pulau untung jawa wisata pulau untung jawa pulau untung jawa terbaru 2017 paket pulau untung jawa travel pulau untung jawa agen pulau untung jawa wisata pulau untung jawa pulau untung jawa murah paket pulau untung jawa travel pulau untung jawa agen pulau untung jawa wisata pulau untung jawa pulau untung jawa paket pulau untung jawa agen pulau untung jawa travel pulau untung jawa wisata pulau untung jawa harga paket pulau untung jawa travel pulau untung jawa agen pulau untung jawa info harga paket wisata pulau untung jawa pulau untung jawa paket pulau untung jawa agen pulau untung jawa travel pulau untung jawa wisata pulau untung jawa.

0 komentar:

Posting Komentar